yrDJooVjUUVjPPmgydgdYJNMEAXQXw13gYAIRnOQ
Bookmark

Cara mengetahui jumlah pengunjung yang sedang online

Cara mengetahui jumlah pengunjung yang sedang online - Ketika anda memiliki blog yang anda "banggakan",  siapa, darimana dan berapakah jumlah pengunjung blog anda  yang sedang online? Saya rasa anda pasti penasaran juga dengan "keadaan pengunjung" blog anda bukan?! Bagaimana cara anda bisa tau jumlah pengunjung blog anda yang saat ini sedang online?


Bila anda membaca artikel sebelumnya: "Cara otomatis meningkatkan jumlah pengunjung" (saya sarankan sebaiknya anda baca dulu) tentunya anda ingin mengetahui seberapa banyak orang-orang yang mengunjungi blog anda bukan? Artikel ini akan memberikan anda beberapa cara untuk mengetahui siapa, dari mana dan berapa jumlah pengunjung blog anda yang SAAT INI sedang membuka blog dan membaca artikel anda. Untuk bisa mengetahui jumlah pengunjung yang online secara realtime, ada beberapa cara, yaitu menggunakan :


#1. Whos Amung Widget


Whos Amung merupakan salah satu alat untuk mengetahui statistik pengunjung secara real-time. Dengan menempatkan kode widget dari whos among pada blog anda maka dalam hitungan detik jumlah pengunjung yang online secara real-time akan ditampilkan.



Baca juga: [lastupdated-posts]


Cara pasang Whos Amung 



  1. Buka website www.whos.amung.us

  2. Pada menu Widgets, copy kode yang ada dibawah "COPY THIS CODE TO YOUR SITE:". Ada 5 jenis widget. Silahkan pilih salah satu yang anda sukai.

  3. Login ke blog anda lalu paste kode tersebut di bawah kode <head>

  4. Simpan lalu buka blog anda. Akan terlihat stastistik pengunjung yang sedang mengunjungi blog anda secara real-time

  5. Untuk mengetahui artikel apa saja yang sedang pengunjung baca, klik ikon statistik yang baru anda pasang. Disana akan ditampilkan statistik pengunjung serta artkel yang sedang dibaca sekaligus map (lokasi) para negunjung blog anda.

#2. Feedjit Widget

Tidak berbeda dengan whos.among, feedjit ini juga berfungsi sebagai alat untuk mengetahui asal pengunjung berdasarkan negara dan artikel yang sedang dibaca oleh si pengunjung tersebut. Setelah anda memasang kode live trafic feed feedjit di blog anda, maka akan muncul daftar pengunjung yang sedang online diblog anda (lihat gambar live traffic feed dibawah)



Cara pasang Feedjit di blog



  1. Buka website www.feedjit.com

  2. Sesuaikan lebar widget feedjit dengan lebar sidebar blog anda dengan cara menggeser ke kiri atau kekanan tombol Select widget width (pixels):

  3. Atur juga jumlah pengunjung yang ditampilkan pada Number of visitors Feedjit shows:

  4. Dapatkan kode feedjit yang akan dipasang di blog anda. Jika anda menggunakan blogger.com maka pada Install Feedjit on my pilih Blogger Blog lalu tekan Go. Namun jika anda mengunakan selain Blogger, silahkan pilih wordpress atau other blog or website

  5. Copy kode yang muncul

  6. Login ke blog anda lalu paste kode tersebut di bawah kode <head> atau <body>

  7. Simpan lalu buka blog anda. Akan terlihat stastistik pengunjung yang sedang mengunjungi blog anda secara real-time

 #3. Google Analytics


Google analytics merupakan produk dari google untuk untuk menampilkan data statistik blog para penggunanya. Dengan google analytics, anda bisa mengetahui "keadaan" blog anda. Dengan memilih menu Real-time pada google analytics anda akan disuguhkan data-data kondisi blog anda saat ini seperti jumlah yang online saat ini, pageviews, jumlah pengunjung berdasarkan negara, kata kunci yang dipakai oleh pengunjung, halaman blog anda yang sedang dikunjungi serta lokasi pengunjung berdasarkan peta.



Untuk bisa mengakses google analytics, anda diharuskan untuk memasang kode google analytics ke blog anda. Anda pun harus telah memiliki akun di GMail. Cara mendapatkan kode google analytics yaitu:



  1. Buka halaman Google analytics

  2. Setelah berada pada dashboard google analytics, pilih blog yang ingin ditampilkan data-datanya

  3. Klik menu Admin (icon Gear; lihat pojok kiri bawah layar)

  4. Pada Info Pelacakan pilih Kode Pelacakan kemudian copy kode Pelacakan Situs Web

  5. Paste pada theme blog anda.

Kurang faham? lihat video ini


https://www.youtube.com/watch?v=UsOWpxQPn6A

Apakah harus dipasang semuanya? Tentu tidak. Saya sarankan untuk tidak memasang semua alat pemantau jumlah pengunjung tersebut karena akan mempengaruhi kecepatan loading blog anda.


Ok.. jika anda telah memasang alat pendeteksi pengunjung realtime ini dan mendapatkan data pengunjung blog anda masih sedikit, sebaiknya anda baca cara meningkatkan jumlah pengunjung ini. Semoga tulisan Cara mengetahui pengunjung yang sedang online ini bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Ketik koment anda disini