Ciri website penipuan online - Kenali Yuk!

Share it:

Ciri website penipuan online - Penipuan saat ini makin marak tidak seperti dulu yang hanya menggunakan telepon genggam; saat ini untuk bisa mendapatkan mangsa, para penipu ini juga memanfaatkan media social dan internet sebagai media sekaligus sebagai alat agar calon korbannya benar-benar percaya. Bermodalkan kartu GSM dan paket internet, niat para penipu ini bisa terlaksana.


Tulisan ini berawal dari seorang teman yang mendapatkan pesan di BBM miliknya yang isi singkatnya bahwa dia mendapatkan undian mobil yang kemudian dia disuruh untuk men-cek dan membaca berita tersebuat disebuah website yang linknya juga dicantumkan dalam pesan itu.


Jika dilihat di berita-berita, youtube dll, banyak juga yang telah tertangkap karena kasus penipuan ini namun entah kenapa penipu-penipu ini semakin hari semakin banyak dan berbeda-beda pula caranya.



Jangan kehilangan akal sehat


Ketika anda mendapatkan pesan bahwa anda mendapatkan hadiah dari orang yang tidak dikenal baik melalui BBM, Whatsapp, SMS atau dari media lain yang dalam pesan itu disuruh membuka website yang tertera dalam pesan tsb, anda boleh berbahagia tapi jangan sampai lupa apalagi sampai kehilangan akal sehat karena hadiah itu. Sebaiknya anda tenang dan berusaha mencarai kebenaran informasi hadiah tersebut. Periksa dan analisa isi website tersebut sebelum menghubungi nomor telepon yang ada dalam website tersebut.


Baiklah kita mulai, bagaimana mengenali sebuah website itu penipu atau bukan. dan betapa begitu lucunya para penipu ini hahaha...



Jangan mudah percaya


Penipu sekarang sedikit lebih "canggih" dari sebelumnya :D Kalau dulu hanya pakai telpon dan modal kata-kata yang manis dan meyakinkan, maka sekarang untuk lebih meyakinkan calon korbannya mereka menggunakan website. bahkan parahnya mencatut nama perusahaan-perusahaan besar, membawa-bawa kepolisian dan tak lupa menampilkan testimoni dari para pemenangnya yang sebenarnya itu palsu.



Ciri website penipuan online


Ok, bila anda mau sedikit teliti dan atau mau sedikit meneliti maka anda akan tau website-website manakah yang masuk kategori penipu.


#1. Menggunakan domain gratisan


Bagi yang sudah terbiasa dengan internet dan blogging, mereka pasti tau apa itu domain. Domain adalah nama pengganti dari ip address yang akan menuju pada server tertentu dan biasanya diwakili oleh adanya website. Contoh domain seperti blog ini CahBorneo.Com, www.google.co.id, yahoo.com atau yang lainnya. CahBorneo, google dan yahoo merupakan nama domain yang saya maksud sedangkan huruf dibelakang tanda titik "." disebut TLD (top level domain = domain-domain yang paling populer dipakai diseluruh dunia).




Baca: Cara membuat blog gratisan dalam 3 menit



TLD seperti .com, co.id, .net, org dll tidaklah gratis. Anda perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa TLD ini. Nhaa.. dari sini sudah bisa diidentifikasi bahwa bila ada website undian berhadiah dengan menggunakan domain bukan TLD maka anda patut untuk curiga.


Berikut beberapa contoh daftar TLD dan non-TLD























Domain TLD (berbayar)Domain Non-TLD (gratis)
.com.blogspot.com
.net.wordpress.com
.edu.co.cc
.org.cu.cc
.int.eu.org
.gov.ml
.mil.cf
.co.ga
dan lain sebagainyadan lain sebagainya

#2. Selalu mencantumkan nomor telpon pribadi


Pada website yang ditengarai website penipuan online, hampir semuanya mencantumkan nomor telpon yang bisa dihubungi dengan kalimat "Pusat layanan" atau yang semacamnya. Padahal nomor tersebut adalah nomor telpon pribadi.


Pertanyaannya ialah apakah mungkin sebuah perusahaan besar yang mampu melaksanakan undian menggunakan nomor pribadi? Anda sendiri yang bisa menyimpulkannya :)


#3. Menyertakan sesuatu yang tidak masuk akal dalam websitenya


Kebanyakan ciri website penipuan online selalu dibumbui dengan UUD (biar calon korban lebih percaya gituh.. ). Salah satu UUD yang di cantumkan yaitu UUD No.32  Pasal 331 ayat-23 tentang Kecemburuan sosial sesama masyarakat. Sekarang, silahkan anda cari di buku-buku atau internet apakah ada Undang-undang tentang kecemburuan sosial.. wkwkwk


#4. Terkadang suka lupa


Dan yang terakhir, para penipu ini suka lupa untuk menghapus footer link pada template blog mereka. Footer link ini memang tidak terlalu penting jika terdapat pada website umum atau terdapat pada blog-blog pribadi, akan tetapi bila footer link ini muncul juga pada website yang mengatas namakan perusahaan pengundi hadiah, waahhh.... sangat fatal dan sangat mudah untuk mengkategorikannya sebagai website penipu. Mengapa? karena sangat tidak mungkin sebuah perusahaan besar menggunakan template gratisan! :D


Jika anda ingin menganalisa sendiri apakah website undian yang anda buka itu kategori palsu (penipu) atau bukan, salah satu cirinya yaitu adanya link Blogger atau Wordpress.com pada bagian paling bawah halaman.


Kesimpulan


Artikel ini tidak mengajak anda untuk mudah menyimpulkan sebuah website sebagai web penipuan online. Artiel ini bertujuan agar anda tidak mudah percaya dan selalu berhati-hatlah terhadap apapun berita tentang undian berhadian. Cek selalu kebenaranya sebelum anda benar-benar melakukan transaksi dengan mereka dengan bertanya dengan teman atau cari informasinya di internet.

Share it:

Post A Comment:

0 comments: