yrDJooVjUUVjPPmgydgdYJNMEAXQXw13gYAIRnOQ
Bookmark

Trik menjadikan Windows 7 SP1 tanpa update windows

Menjadikan Windows 7 SP1 tanpa update windows 

What is service pack 1 ? Service Pack atau lebih dikenal dengan SP merupakan sekumpulan program untuk memperbaharui (melakukan update) Windows dan Office dengan tujuan untuk mengatasi masalah yang terdapat pada perangkat lunak tersebut atau untuk menambahkan fitur baru. Pada Windows 7, Service Pack ini diperlukan (baik service pack 1 (SP1), SP2 atau SP3) ketika kita ingin mengupgrade program .Netframework ke versi 4.6 keatas.

Menjadikan Windows 7 SP1

Artikel ini didasari oleh pesan tidak suportnya windows 7 yag saya pakai saat saya mencoba menginstall program .netframework 4.6. Diamana .netframework ini dibutuhkan untuk dapat menjalankan program lain yang telah saya instal.

Banyak tutorial yang telah saya baca dan juga video yang saya lihat namun tidak dapat menyelesaikan masalah update windows 7 service pack 1 ini. Akhirnya saya temkan satu tutorial yang begitu simple, mudah dan cepat untuk mengganti windows 7 ultimate menjadi SP1.

Dalam menjadikan windows 7 SP1 ini, tidak diperlukan mendownload file update windows yang biasanya disyaratkan microsoft jika kita ingin update secara online. Tidak pula memerlukan file instal windows update offline installer. Hanya perlu sedikit merubah registry windows saja.

Cara Menjadikan Windows 7 SP1

Untuk menjadikan windows 7 SP1 ada beberapa cara yang lazim dilakukan, yaitu dengan:

#1 - Update otomatis via control panel

Update otomatis, melalui Start > Control Panel > System and Security  > Windows Update kemudian menekan tombol Check for update > Important updates are available kemudian centang Windows 7 Service Pack 1 (KB976932)

Cara kerja dari updae otomatis yaitu sistem secara otomatis akan mencari dan menginstall file yang anda pilih dan ingin anda update. Namun cara update diatas kurang efektif menurut saya apalagi dengan koneksi internet yang lambat.

#2- Update manual via download file Service Pack 1

Anda dapat melakukan update windows secara manual dengan mendownload file windows SP1 kemudian menginstallnya secara manual. Dibawah ini saya sediakan link download windows 7 service pack 1 offline installer untuk 32bit dan 64bit. Silahkan sesuaikan dengan system windows anda.

Update windows  secara manual membutuhkan waktu yang lebih singkat dari update otomatis. Namun terkadang juga bisa lebih lama.

#3- Update windows 7 SP1 via instal ulang

How to install windows 7 service pack 1 offline installer - Cara yang terakhir ini biasanya menjadi pilihan terakhir jika proses update otomatis dan atau update manual tidak sukses. Dengan menginstall ulang windows 7 SP 1 langsung kita tidak dihadapkan dengan masalah koneksi internet, setting windows dll namun pilihan ke 3 ini pn memerlukan waktu yang cukup lama jika hanya untuk menjadikan windows 7  menjadi versi windows 7 SP 1 karna masih ada langkah yang lebih simple, lebih mudah dan lebih cepat untuk menjadikan windows 7 SP1 bahkan cara upgrade windows 7 sp1 ke sp2 sekalipun.

Trik menjadikan Windows 7 SP1 tanpa install apapun

Trik yang saya bagikan ini merupakan cara yang telah saya buktikan keberhasilanya tanpa perlu menginstall program apapun. Terbukti trik ini adalah cara yang paling cepat, mudah dan simple untuk merubah windows 7 menjadi SP1 bahkan SP5 sekalipun.

Trik ini didapatkan berlatar karena saya ingin menginstall program .NetFtamework versi 4.6 namun tidak dapat terinstal karena versi windows yang ada pada komputer windows 7 ultimate. Sedangkan untuk dapat menginstal .netframework 4.6 dibutuhkan windows 7 ultimate Sevice Pack 1 atau lebih.

Berikut cara menjadikan windows 7 ultimate ke SP1:

  1. Klik Start > ketik "Command Prompt" (tanpa tanda petik). Atau akses dengan menekan tombol Windows+ R
  2. Ketik "regedit" tanpa tanda petik lalu enter
  3. Buka HKEY_LOCAL_MACHINE > SYSTEM> CurrentControlSet > Control > Windows
  4. Temukan key bernama CSDVersion pada kolom sebelah kanan
  5. Klik kanan key CSDVersion lalu pilih Modify...
  6. Rubah angka 0 pada Value Data menjadi 100. (Keterangan: 100 untuk SP1; 200 untuk SP2; 300 untuk SP3 dst)
  7. Restart komputer anda
  8. Cek versi windows 7 anda
Update windows 7 SP1 - Setelah proses menjadikan windows 7 SP1 selesai, mulai sekarang anda bisa menginstal program yang sebelumnya tidak bisa terinstall. Selamat mencoba! Semoga tulisan Trik menjadikan Windows 7 SP1 tanpa install program apapun ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa di share ya ?!
Posting Komentar

Posting Komentar

Ketik koment anda disini